Jumat, 06 Januari 2012

Photoshop

Ass....kali ini whywhy’s blog mempersembahkan sedikit tutorial dasar PHOTOSHOP .
Sebelum kita masuk ke penjelasan icon-nya saya mau ngasih sedikit yang saya dapat dari guru saya…!! _-_
Yang pertama kita pilih 1 gambar yang ingin di edit kemudian setelah terbuka kita tidak bisa langsung melakukan pengeditan dikarenakan masih tergembok.wkwkwkwk (lihat bagian layer kanan bawah).Nah itu caranya agar bisa diedit dicari dulu kuci gemboknya…hahaha (bercanda).Caranya klik 2 kali pada gambar yang bertuliskan backround dan ada gembok disampingnya setelah diklik akan muncul SESUATU tekan saja OK nah maka gemboknya akan hilang,kemudian pengeditan sudah bisa dimulai….:)
Silahkan dibaca beberapa materi dibawah !!!
Zoom  untuk memperkecil dan memperbesar foto-foto yang mau di edit gan.
Untuk meberikan bingkai pada foto cukup hanya tekan ctrl+A lalu edit stroke
Blur tool lebih memperhalus  tepi sebuah foto kita gan. Teknik ini  sering dipakai memperhalus bagian wajah.hehehhe…gini caranya aktifkan Blur tool, atur spesifikasi di Option bar. Goreskan brush di bagian yang ingin dibuat kabur (jangan mukanya ya gan!! xixixi).
Untuk mengahapus gambar atau  foto kita bisa memilih menu Eraser Tool lalu klik Brush Untuk memilih ukuran penghapus yang ingin kita pakai gan.
Lasso tool : untuk membuat seleksi secara bebas “”.
Di lasso tool kita lebih dipermudah dalam seleksi karena terdapat pilihan MAGNETIC LASSO TOOL : yang berfungsi  untuk membuat seleksi bebas berdasarkan tingkat kesamaan warna/kontras.Cara kerja tool ini akan secara otomatis kemana saja kita mengarahkan mouse.
Nah gan buat anda yang hobinya jepret-jepret nih untuk lebih mempertajam sebuah foto bias mengunakan Auto Tone dan Auto contrast.caranya klik image>auto tone/auto contrast.Auto Tone itu bisa melakukan pengaturan warna secara otomatis,kalau auto contrast bias melakukan pengaturan kekontrasan gambar secara otomatis.     
Biasanya sudah mempertajam foto nie…kayanya kurang asik kalau fotonya ngak dikasih tulisan dikit biar keren gitu…hihihi. Caranya gini gan klik icon “T” HORIZONTAL TYPE TOOL yang berfungsi membuat text horizontal pada gambar.
Nih ada tambahan lagi gan untuk menghilangkan background belakang gambar yang telah diberi kotak segi empat yaitu rectangular marquee tool kita bisa melakukan  : klik kanan pada layer lalu pilih blending options dan kita bisa mengubah opacity nya sesuai dengan yang kita inginkan.Opacity berfungsi  untuk mengatur nilai tranparansy pada sebuah layer.
Semoga ini bias bermanfaat bagi pemula Photoshop,karena saya juga pemula…hehehehe. Dan ngak ada salahnya berbagi walau sedikit !!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar